Jumat, 25 Oktober 2013

Sistem Peredaran & Sirkulasi Darah pada Manusia

Sistem Peredaran & Sirkulasi Darah pada Manusia

Setiap saat, dalam tubuh manusia terjadi proses sirkulasi berbagai macam zat yang dibutuhkan tubuh. Diperlukan peredaran media pengantar dan alat-alat yang turut berperan dalam sirkulasi untuk melakukan proses ini. Media dan alat-alat ini bekerja bersama-sama membentuk suatu sistem yang dikenal dengan sistem sirkulasi darah. Media yang berperan dalam peredaran zat-zat penting ke seluruh tubuh ini adalah darah.



Darah & Penyusunnya

Darah merupakan suspensi berwarna merah yang terdapat dalam pembuluh darah. Warna merah ini dapat berubah-ubah, kadang-kadang berwarna merah tua dan kadang-kadang berwarna merah muda. Hal ini tergantung pada kadar oksigen dan karbon dioksida yang terkandung di dalamnya.

Struktur komponen Plasma Darah

Dalam tubuh manusia mengalir sekitar 6 liter darah. Darah manusia terdiri dari dua komponen, yaitu sel-sel darah dan plasma darah atau cairan darah. Struktur sel darah manusia dapat Anda amati pada Gambar 5.1 dan pada Tabel 5.2. Sementara itu, komponen plasma darah beserta strukturnya terdapat pada Tabel 5.1.

Sel-Sel Darah

Sel-sel darah merupakan sel-sel hidup. Anda dapat melihat adanya dua lapisan dari darah yang didiamkan. Lapisan atas berupa cairan darah atau plasma darah. Lapisan bawah merupakan sel-sel darah yang terdiri dari eritrosit (sel-sel darah merah), leukosit (sel-sel darah putih), trombosit (keping-keping darah atau sel pembeku darah). Setiap bagian dari sel-sel darah ini memiliki bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.

Struktur Sel Darah Merah Sebagai komponen struktur peredaran darah manusia

Simak Artikel berikut agar Anda dapat mengetahui sistem peredaran & sirkulasi darah pada manusia dengan lebih jelas.


Plasma Darah Akan dibahas pada artikel Berikut :


Fungsi Darah Dibahas Pada Artikel Berikut :


Darah memerlukan alat-alat sirkulasi untuk melakukan berbagai fungsi di atas. Mengenai alat-alat  peredaran &sirkulasi darah akan dibahas pada materi berikut.

Alat-Alat Sirkulasi Darah

Sistem sirkulasi darah pada manusia terdiri atas alat-alat sirkulasi, yaitu jantung dan pembuluh darah.



Bagai mana dengan gangguan pada peredaran 7 sirkulasi darah yang sering terjadi pada manusia? baca selengkapnya pada artikel berikut ini

Gangguan pada Sistem Peredaran & Sirkulasi Darah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar