Jumat, 04 Oktober 2013

Persebaran Penduduk

umlah penduduk dunia semakin hari semakin bertambah pesat. Para ahli menduga bahwa pada tahun 8000 SM (Sebelum Masehi) penduduk dunia berjumlah sekitar 8 juta jiwa dan tahun 2000 telah mencapai 6 milyar 400 juta jiwa. Perkembangan penduduk dunia dapat dilihat pada tabel berikut.


Perkembangan Penduduk - Persebaran Penduduk

Dari tabel di atas terlihat bahwa kolom waktu semakin pendek tetapi jumlah penduduk makin besar. Coba dari tabel di atas Anda buat grafik jumlah penduduk dunia tersebut dari waktu ke waktu, dengan sumbu x menunjukkan waktu dan sumbu y jumlah penduduk. Gambar grafik akan menyerupai huruf apa?

info geo persebaran penduduk

Persebaran penduduk dunia tidaklah merata. Terdapat kawasan yang padat dan cepat pertumbuhannya, ada pula yang jarang penduduknya dan lambat pertumbuhannya. Benua paling banyak penduduknya dan paling padat adalah Benua Asia. Benua yang paling tinggi tingkat pertumbuhan penduduknya adalah Benua Afrika. Benua yang paling lambat pertumbuhan penduduknya bahkan berkurang adalah Benua Eropa. Pada tabel di bawah ini dapat terlihat persebaran penduduk di tiap benua dan proyeksi (perkiraan) jumlah penduduknya dari tahun 1999-2005.

persebaran penduduk di tiap benua

Persebaran dan kepadatan penduduk di Indonesia tiap-tiap provinsi juga berbeda-beda. Perhatikan Tabel 3.6 di bawah ini.

Persebaran dan kepadatan penduduk

Peta Sebaran dan Kepadatan Penduduk Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar